Dosen dan Staf Program Studi Magister Pendidikan Indonesia, Universitas Bengkulu melakukan Kunjungan Kerja Sama Internasional dan Visiting Class ke University of Malaya pada hari Senin, 20 Mei 2024. Kita ketahui bahwa University of Malaya atau disebut UM adalah universitas yang pertama didirikan di Malaysia. Universitas ini terletak di pinggir Kota Kuala Lumpur. Kampus University of Malaya meliputi kawasan seluas 309 hektare. Moto Universitas Malaya adalah “Ilmu Punca Kemajuan”. Prestasi yang dapat dijadikan contoh dari UM yaitu pada tahun 2024 masuk dalam QS ke-65 dunia.
Kunjungan ini diwakili oleh tiga dosen dan satu staf akademik Program Studi Magister Pendidikan Indonesia, Universitas Bengkulu yaitu Dr. Agus Trianto, M.Pd. selaku Koordinator  Program Studi Magister Pendidikan Indonesia, Dr. Noermanzah, S.Pd., M.Pd. selaku dosen, Dr. Nafri Yanti, M.Pd. selaku dosen, dan Sinta Kurnia Dewi, S.P. selaku staf akademik. Kunjungan kerja sama dilakukan di Department of Language and Literacy Education, Faculty of Education, University of Malaya. Kami berempat  disambut langsung oleh ibu Dr. Shanina Sharatol Ahmad Shah sebagai Head of Department of Language and Literacy Education dan ibu Dr. Chew Fong Peng sebagai perwakilan dosen. Di dalam ruangan Department of Language and Literacy Education kami berdiskusi untuk melakukan kerja sama dalam hal visiting proffessor, lecture mobility, penelitian, dan pertukaran mahasiswa. Berikut dokumentasi kegiatan diskusi antara ibu Dr. Shanina Sharatol Ahmad Shah dan ibu Dr. Chew Fong Peng dengan tim dari Program Studi Magister Pendidikan Indonesia, Universitas Bengkulu.
 
Setelah kegiatan diskusi kerja sama kami melanjutkan kegiatan Visiting Class di salah satu kelas yang sedang belajar materi pengembangan media sastra dongeng. Kami memberikan masukan kepada mahasiswa dalam penyusunan media dongeng yang berbasis manual dua dimensi dan berbasis digital. Mahasiswa UM sungguh kreatif dalam proyek membuat dongeng. Mereka pandai dalam mengemas media dan mengembangkan dongeng-dongeng Malaysia dengan cerita versi mahasiswa. Berikut dokumentasi kegiatan visiting class di salah satu kelas jenjang S-1 di Department of Language and Literacy Education, Faculty of Education, University of Malaya yang kebetulan diajar oleh ibu Dr. Chew Fong Peng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian